-->

Contoh Proposal Kegiatan Hari Besar Islam (PHBI)



Foto dok (ist)


PANITIA PERINGATAN HARI BESAR ISLAM (PHBI) MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1440 H DEWAN PIMPINAN CABANG FRONT PEMBELA ISLAM KECAMATAN KEMIRI


Kemiri, 23 September 2018
 
No                   : 01/PPHBI/IX/2018
Lamp               : 1 Berkas
Perihal             :Permohonan Bantuan Dana


 Kepada Yth;

Bapak/Ibu/Saudara .......................... Di Tempat


Assalamualaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua, shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada baginda Rasulullah SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang setia, sehingga kita dapat menjalankan aktifitas sehari-hari dengan baik dan lancar. Sehubungan dengan akan diadakannya rangkaian kegiatan
 “TABLIGH AKBAR” Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H/2018 M
yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 22 Desember 2018 dengan acara puncak Ceramah 0leh :
1.      Habib Hanif Al- Attas (Mega Bendung)
2.      Habib Bhar Bin Smith (Bogor)
3.      Buya K.H Qurtubi Jaelani (Lebak-Banten)


Hari/tanggal : Sabtu, 22 Desember 2018
Waktu : Pukul 19:30 WIB s/d SELESAI
Tempat : Lapangan Kecamatan Kemiri

 

Maka untuk kelancaran kegiatan tersebut kami mohon bantuan dana untuk kegiatan  peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut. Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualikum Wr, Wb.



KATA PENGANTAR
                                                                                                                                      
          Puji  syukur  kita  panjatkan  bagi  keagungan  Asma  Allah  SWT dan  shalawat  serta  salam  tercurah  kepada  junjungan  kita  Nabi  Besar  Muhammad  SAW  beserta  keluarga  dan  para  sahabatnya  yang memberikan  inspirasi  dan  sumber  keteladanan  bagi  orang – orang yang  mengharapkan  keridhaan – Nya,  semoga  kita  semua  menjadi golongan  hamba  yang  sholeh.  Amin

            Sebagai  ungkapan  rasa  syukur  kepada  Allah  SWT  yang  telah melimpahkan  rahmat  serta  karunia–Nya,  maka  kami  selaku  panitia Pelaksanaan  Hari  Besar  Islam    bermaksud menyelenggarakan  acara  Peringatan Maulid  Nabi  Besar  Muhammad SAW 1440 H, yang  mana  kami  selaku  Panitia  Pelaksanaan  telah menyusun  berbagai  rencana  kegiatan.

            Dengan  disusunnya  proposal  kegiatan  ini,  diharapkan  dapat menjadi  pedoman  pelaksanaan  kegiatan  maulid  nabi  Muhammad

            Terima  kasih  pada  semua  pihak  yang  telah  membantu  dalam penyusunan  proposal  ini,  mudah –  mudahan  Allah  SWT  memberikan   pahala   yang  berlipat  ganda  kepada  kita  semua,  Amiiin







Kemiri , 23 September 2018









I.                   PENDAHULUAN

Ukhuwah islamiyah harus terus menerus dibangun dan dipelihara dimuka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh ummat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akhirat.
Melalui peringatan hari besar Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ukkhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, masyarakat dan yang lebih luas lagi.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku Ummat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi kita semua sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya.
Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada anak-anak kita serta masyarakat terutama yang ada dilingkungan kecamatan kemiri.














II.          LATAR BELAKANG
Nabi Muhammad adalah nabi akhir  zaman yang selalu menjadi panutan yang tak akan pernah ada yang mengingkari kebenarannya. Beliaulah yang menuntun seluruh umat manusia menuju jalan yang terang benderang yang selalu disinari dengan cahaya islam. Dengan perjuangan beliau umat manusia bangkit dari zaman jahiliyah menuju zaman yang terang dengan cahaya islam. Karena beliau jugalah seluruh manusia yang ada di bumi ini selamat dari kehancuran serta dengan kelahiran nabi akhir zaman ini terciptalah aturan-aturan islam yang penuh dengan keharmonisan, persaudaraan, dan keseimbangan dengan terhapusnya perselisihan, pertikaian, dan peperangan.
Betapa luar biasa jasa Nabi Muhammad saw kepada seluruh umat manusia yang ada di dunia ini. Maka sudah sepantasnya kita sebagai umatnya untuk selalu mengenangnya dan berusaha sekuat tenaga untuk mengamalkan apa yang telah diajarkan oleh beliau. Karena apa yang telah dikatakan, dilakukan, dan ditetapkan oleh beliau telah menjadi sumber dasar segala hukum islam setelah Al Qur’an yang sudah tidak diragukan kebenarannya. Karena dengan selalu mengikuti apa yang telah diajarkan kepada kita maka kita akan diakui sebagai umat beliau kelak di Hari Kiamat.
Salah satu cara untuk menunjukkan kecintaaan kita kepada Nabi Besar Muhammad saw adalah dengan selalu mengenang hari kelahiran beliau. Maulid Nabi Muhammad merupakan bentuk penghargaan yang sangat besar kepada beliau dan kita harus bangga memiliki hari besar ini. Maulid Nabi yang diadakan setiap tanggal 12 Rabi’ul Awwal tidak hanya dirayakan dengan hura-hura saja, tetapi momen ini harus dijadikan sebagai media untuk meningkatkan kecintaan muslim kepada Nabi Muhammad saw. Serta juga sebagai ajang untuk meningkatkan prestasi dan potensi umat islam yang akhirnya dapat menjadi umat yang kuat. Kuat yang tidak hanya berarti fisik saja, tetapi kuat dalam artian yang sangat luas yaitu kuat pengetahuannya, wawasan keilmuannya, ekomoninya, dan semua aspek dalam kehidupan sehari-hari.
Sehingga akhirnya tercipta sebuah generasi yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw dan senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi muslim yang sesuai dengan harapan beliau. Dan akhirnya semoga kita semua dijadikan sebagai umat yang mendapat syafa’at dari beliau kelak di hari yang tidak akan ada syafa’at kecuali dari beliau





III.      NAMA KEGIATAN
Tabligh Akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw”



IV.      TEMA KEGIATAN
Sunnah Nabi Muhammad SAW sebagai teladan umat.


V.      MAKSUD DAN TUJUAN
1.             Memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad SAW
2.             Untuk mengenang kembali perjuangan Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan teladan    dalam kehidupan sehari-hari
3.             Sarana silaturahmi masyarakat  kecamatan Kemiri
4.             Meningakatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

VI.      PENYELENGGARA
Penyelenggara dari kegiatan ini adalah DPC Front Pembela Islam Kecamatan Kemiri


VII.      PELAKSANA
Panitia pelaksana Tabligh Akbar Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H adalah segenap pemuda dan pemudi  dengan susunan struktural (sebagaimana terlampir) dan bersama-sama dengan warga setempat.




STRUKTUR KEPANITIAAN


Penasehat                    : KH. Uwes Qurni    
: H. Zainal Abidin Bahrain, S,Ag
Penanggung jawab      : DPC FPI KEMIRI
Ketua Pelaksana          : Ust. Ahmad Taemi
Sekretaris                    : Hasbi Hasbulloh S,Kom
Bendahara                 : Dinah
Seksi Acara                 : Irdiansyah S,Hum
Seksi Perlengkapan     : Ramsin S,H
Seksi Konsumsi          : Linah
Seksi Humas               : H. M Badrun
Seksi Dekdok             : Just Call Law
Seksi Keamanan         : Hasan Tiro






VIII.      WAKTU DAN TEMPAT
Acara ini Insya Allah akan diselenggarakan pada:
Hari           : Sabtu
Tanggal     : 22 Desember 2018
Pukul         : 19.30 WIB – selesai
Tempat     : Lapangan Kecamatan Kemiri



IX.    SASARAN KEGIATAN
Seluruh masyarakat Kecamatan Kemiri pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Tangerang pada umumnya.
X.      ACARA HIBURAN
Musik Hadroh Habib Zaki



XI.      ESTIMASI DANA
Perkiraan dana yang dibutuhkan untuk kegiatan Maulid Nabi ini adalah Rp. 70.000.000,- dengan rincian sebagaimana terlampir.




XII.      SUMBER DANA
Dana yang akan kita gunakan bersumber dari :
1.      Iuran Para Pengurus DPC FPI  Kemiri
2.      Donasi Para Donatur
3.      Donasi dari masyarakat Kecamatan Kemiri
4.      Donasi dari berbagai pihak









Tabel Uraian Penggunaan Anggaran


No.
Uraian
Unit
Harga Satuan
(Rp)
Total
(Rp)
I
PERLENGKAPAN
·    Panggung IO
1 Set
Rp     15.000.000
Rp     15.000.000
·   Sound system
1 Set
Rp     20.000.000
Rp     20.000.000
·   Alas Duduk
1 Set
Rp     5.000.000
Rp     5.000.000
II
KONSUMSI
·    Air Mineral gelas
70 Kardus
Rp       15.000
Rp    1.000.000
·    Snack / Makanan ringan
800 kardus
Rp         5.000
Rp    4.000.000
III
ACARA
·    Kyai / Penceramah
3 Orang
Rp 5.000.000
Rp 15.000.000
·   Hadroh
1 Group
Rp    2.000.000
Rp    2.000.000
LAIN-LAIN
Rp 8.000.000
JUMLAH
Rp 70.000.000




















XIII.      PENUTUP
Demikian Proposal Kegiatan Maulid Nabi ini kami buat. Harapan kami agar kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi sekaligus moment persatuan umat islam kecamatan Kemiri. Motivasi agar generasi mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk mendalami ilmu islam. Inpirasi bagi seluruh umat islam umumnya dan khususnya bagi generasi muda untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah saw.
Semoga segala apa yang kita lakukan mendapatkan kemudahan dan kesuksesan serta dengan harapan agar kegiatan ini dicatat di sisi Allah sebagai amal ibadah yang senantiasa diridhoi-Nya. Amin



Menyetujui


 Ketua Pelaksana                                                                                            Sekertaris


Ust Ahmad Taemi                                                                                Hasby Hasbullah S,Kom

Mengetahui
   Penasihat 1                                                                              Penasihat 2

KH.Uwes Qurni                                                             H. Zainal Abidin Bahrain

0 Response to "Contoh Proposal Kegiatan Hari Besar Islam (PHBI)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel