-->

Kenali Gejala Fuel Pump Mobil Rusak Macam Kasus Avanza

 

Fuel pump rusak bisa bisa menyebabkan mesin kendaraan sulit di-starter. (Foto: dok. Mitsubishi Indonesia)

Waroeng 86 - Fuel pump atau pompa bensin menjadi peranti penting pada kendaraan. Fungsi fuel pump untuk menyalurkan bahan bakar ke injektor dan selanjutnya ke ruang bakar.

Kabar fuel pump rusak kembali menyeruak usai Toyota Avanza masuk ke dalam program kampanye recall (penarikan kembali) di Malaysia dan menjalar sampai ke Indonesia. Daihatsu Indonesia juga mengakui ada malfungsi pada fuel pump Xenia sebagai kembaran Avanza.


Alhasil Toyota dan Daihatsu bersedia mengumumkan recall untuk sejumlah unit Avanza dan Xenia di Indonesia dalam waktu dekat.


Fuel pump sendiri didesain untuk dipakai dalam jangka waktu bertahun-tahun. Namun ada beberapa kasus cacat produksi fuel pump sehingga harus dilakukan pergantian komponen.


Untuk diketahui, pemilik mobil bisa mendeteksi kerusakan pompa bensin. Berikut cara mengenali gejala fuel pump rusak.


1. Mesin mobil susah di-starter

Ciri pertama pompa bensin rusak adalah mobil susah di-starter. Ini adalah cara mengetahui pompa bensin rusak yang paling mudah.


Kalau dari posisi kendaraan mati lalu susah dinyalakan, maka dapat dipastikan masalahnya bersumber dari fuel pump. Biasanya ini dikarenakan komponen tersebut tersumbat kotoran sehingga asupan bahan bakar ke ruang pembakaran tersendat.


Walaupun mesin sudah berhasil dinyalakan, maka tetap akan tanda mencolok, yaitu suara brebet-brebet saat mobil digas dan suara mesin mobil kasar.


2. Indikator pada check engine menyala

Apakah Anda tipe pengemudi yang sering memperhatikan check engine di dashboard dekat pengemudi? Kalau iya, maka akan mudah mengetahui pompa bensin rusak, yaitu dengan melihat indikatornya.


Kalau penanda check engine menyala dan lampunya berkedip, maka itu tandanya ada masalah terjadi pada bagian fuel pump.


Untuk memastikan bahwa itu benar dari pompa bensin mobil, maka pengguna dapat melakukan tes tekanan bahan bakar.


Gunakan alat yang bernama fuel pressure gauge. Alat ini dipasang pada selang dan kemudian dimasukkan ke injektor. Saat fuel pump dinyalakan, maka tekanan akan terbaca oleh alat dan Anda bisa menentukan apakah mobil perlu diservis atau tidak.


3. Suara pompa melemah

Ingin lebih yakin bahwa fuel pump mobil bermasalah? Pemilik bisa mengecek suara yang dihasilkan komponen tersebut.


Caranya, dengarkan suara kendaraan saat pertama kali Anda menyalakannya dengan memutar kunci kontak ke ON. Kalau saat memutar kunci hanya mendengar bunyi yang sangat lemah, maka itu tandanya pompa bensin bermasalah. Sebab, suara yang terdengar pertama kali ketika mobil dinyalakan adalah suara fuel pump.


4. Cek aliran bensin di dalam kendaraan

Cara mengetahui pompa bensin rusak yang berikutnya adalah dengan mengecek aliran bahan bakar melalui selang fuel supply yang terhubung langsung dengannya.


Pengguna dapat membuka jalur suplai bahan bakar dan menghidupkan pompa bensin. Langkah pertama, buka selang atau bisa juga dengan membuka selang fuel return.


Langkah kedua, masukkan selang ke dalam botol atau wadah plastik untuk mencegah tumpahnya bensin. Kalau kedua langkah ini sudah dilakukan, maka berikutnya adalah memutar kunci kontak ke posisi ON dan perhatikan selang.


Kalau ternyata ada bensin yang keluar, maka itu tandanya fuel pump masih baik. Namun, kalau tidak ada bahan bakar keluar, tandanya pompa bensin rusak.


5. Periksa getaran dan bunyi dengung dari pompa bensin

Cara terakhir untuk mengetahui apakah benar ada kerusakan pada mesin pompa bensin adalah dengan memeriksa getaran dan bunyi dengung.


Anda dapat mengecek bunyi dengung ini dengan memutar kunci kontak mobil ke posisi ON dan dengarkan suara yang muncul dari tempat tangki bahan bakar berada. Kalau benar ada dengungan dan getaran, maka dipastikan semuanya normal. Namun, kalau tidak ada suara terdengar, maka itulah tanda pompa bensin mobil rusak, mengutip Auto2000.co.id. red/cnn

0 Response to "Kenali Gejala Fuel Pump Mobil Rusak Macam Kasus Avanza"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel