-->

Asyik, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android


Waroeng 86 - Salah satu fitur baru dari Windows 11 adalah kemampuannya menjalankan aplikasi Android secara native, alias tanpa tambahan emulator. Menarik!
Aplikasi Android ini bisa diunduh lewat Amazon Appstore yang bisa didownload lewat Windows Store baru yang terintegrasi di Windows 11. Lalu Amazon Appstore ini juga bisa di-pin di taskbar layaknya aplikasi Windows lainnya.

Untuk mendukung penggunaan aplikasi Android ini Microsoft bekerja sama dengan Intel untuk menggunakan teknologi Intel Bridge, meski sebenarnya aplikasi Android ini juga bakal berjalan di sistem dengan prosesor AMD ataupun prosesor berbasis ARM

Fitur baru ini tentulah jawaban Microsoft atas fitur macOS di Mac M1 yang bisa menjalankan aplikasi iOS. Dalam demo produknya, Microsoft memamerkan kemampuan Windows 11 dalam menjalankan aplikasi TikTok.

Mereka pun memamerkan sejumlah aplikasi lain yang muncul di Windows Store, seperti Ring, Yahoo, Uber, dan lainnya. Sayangnya belum diketahui berapa banyak perangkat yang ada di pasaran yang mendukung fitur ini, karena Microsoft pun masih menggarap teknologi Intel Bridge yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi Android di Windows 11.

Intel menganggap pentingnya memberikan kemampuan ini ke semua platform x86 dan mendesain teknologi Intel Bridge untuk mendukung semua platform x86 (termasuk platform AMD)," ujar juru bicara Intel, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (25/6/2021).

Microsoft pun kemudian mendukung pernyataan Intel ini dengan menyebut semua platform Windows 11 akan mendukung penggunaan aplikasi Android, apa pun prosesornya, termasuk ARM.

Menurut Intel, teknologi Bridge adalah sebuah run-time post compiler yang bisa menerjemahkan aplikasi yang dibuat untuk platform selain x86, dalam kasus ini Android, menjadi instruksi x86 yang dikenal oleh prosesor Intel ataupun AMD.

Untuk perangkat berbasis ARM, langkah terjemahan itu tentu tak dibutuhkan, sehingga tak dibutuhkan kehadiran teknologi Intel Bridge. Namun Microsoft belum menjelaskan fitur ini lebih lanjut.

Sebagai informasi, saat ini aplikasi Android sebenarnya bisa dijalankan di Windows, yaitu lewat bermacam program emulator yang ada. Seperti Bluestacks, Nox, dan sejenisnya. Namun aplikasi tersebut berjalan dalam sebuah mesin virtual di atas Windows, bukan langsung dijalankan di dalam Windows.

Red/detiknet

0 Response to "Asyik, Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel