-->

Gaspol! Korea Selatan Siap Gelar 6G Secara Komersial di 2028


Waroeng 86 - Kehadiran 5G masih terhitung seumur jagung, tapi Korea Selatan malah sudah tancap gas dan akan mengkomersialisasikan jaringan 6G pada tahun 2028.
Bila itu tercapai, maka Korea Selatan menjadi negara pertama di dunia yang menghadirkan 6G secara komersial kepada para pelanggannya.


Terlihat ambisius, namun Negeri Gingseng ini sudah merencanakannya sejak jauh hari, termasuk anggaran yang dibutuhkan. Pemerintah Korea Selatan mengalokasikan sekitar 220 miliar Won atau setara USD 193,7 juta untuk mengembangkan standar dan teknologi inti selama lima tahun.


Menteri Sains dan TIK Lim Hye-Sook mengatakan bahwa Korea Selatan harus jadi pelopor, karena 6G diprediksikan menjadi dasar untuk inovasi digital.


"Jaringan seluler generasi berikutnya adalah fondasi inovasi digital, kita harus memainkan peran yang berani dan menantang bersama untuk memimpin pasar internasional di era 6G berdasarkan pengalaman dan pengetahuan kita di bidang jaringan," ujar Lim Hye-Sook dilansir dari RCR Wireless News, Kamis (15/7/2021).


Dalam menjalankan Research and Development (R&D) dilibatkan peran dari pemerintah, pemimpin industri, dan para pakar. Adapun, negara yang dikenal akan Kpop tidak berjalan sendirian, tapi menggandeng Amerika Serikat, Finlandia, dan China.


Pada bulan April, raksasa teknologi LG mengatakan telah bermitra dengan perusahaan pengujian dan pengukuran yang berbasis di AS, Keysight Technologies dan Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST), dengan tujuan melakukan penelitian tentang teknologi 6G di masa depan.


LG mengungkapkan 6G di masa depan akan memberikan kecepatan data yang lebih cepat, latensi yang lebih rendah, dan keandalan yang lebih tinggi daripada 5G, dan mampu menghadirkan konsep Ambient Internet of Everything (AIoE), yang memberikan pengalaman terhubung yang lebih baik kepada pengguna.


Selain itu, Samsung sebelumnya melakukan uji coba menggunakan spektrum 140 GHz atau juga dikategorikan sebagai spektrum frekuensi Terahertz (THz) dalam pengembangan 6G. red/detik

0 Response to "Gaspol! Korea Selatan Siap Gelar 6G Secara Komersial di 2028"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel