-->

Review Samsung Galaxy M62, Baterai Jumbo Awet Berhari-hari


Waroeng 86 - Menyasar kelas menengah Samsung Galaxy M62 telah hadir di Indonesia pada pertengahan bulan Juni lalu. Perangkat ini menawarkan spesifikasi yang mumpuni. Fitur yang paling ditonjolkan dan menjadi nilai jual utama Galaxy 62 yakni baterainya sebesar 7.000 mAh.
Dengan kapasitas sebesar itu, Samsung mengklaim pengguna bisa maraton menonton series di Netflix selama 33 jam. Atau bila hobi video call, bisa hingga 19 jam, sementara untuk yang senang gaming bisa dipakai sampai 19 jam.

Selama beberapa pekan ini detiKINET pun berkesempatan untuk menjajal kemampuan Samsung Galaxy M62 dengan varian warna Silver-Green. Bagaimana performa dan ketahanan baterainya? yuk simak ulasannya.

Samsung Galaxy M62 memiliki tampilan prismatik yang menarik dengan perpaduan warna gradasi ditambah corak bergaris tipis membuat ponsel ini tampak elegan.

Dengan bentang layar 6,67 inch berukuran dimensi 163.9 x 76.3 x 9.5 mm menggenggam Galaxy M62 masih enak dan nyaman terlebih bagian pinggiran bodinya dibuat melengkung jadi melakukan navigasi pada layar cukup mudah.

Memiliki baterai yang besar rasanya wajar jika Galaxy M62 memiliki bobot seberat 216 gram dengan ketebalan layar 9,5 mm. Bodi Galaxy M2 terbuat dari plastik di mana permukaan layarnya juga terlihat glossy alias mengkilat.

Dan mengingat Samsung tak memberikan softcase tambahan dalam paket penjualannya sepertinya wajib buat kamu untuk membelinya karena bodinya yang mudah tergores dan juga perlu tambahan tempered glass karena mudah tertempel bercak sidik jari.

Untuk tata letak tombol fisiknya pada bagian depan perangkat ini 'bersih' hanya terdapat earpiece, untuk kamera depannya pun terletak di dalam layar ponsel Di sisi kanan ponsel terdapat volume +/- dan tombol power yang juga berfungsi sebagai sensor pemindai sidik jari di mana akurasi kecepatannya sangat baik serta sisi kiri tempat untuk slot kartu SIM.

Untuk bagian sisi bawahnya terdapat lubang speaker, lubang jack audio 3,5mm dan lubang charger USB type-C.

Beralih ke bagian belakang Galaxy M62 terdapat empat kamera yang diletakkan pada modul persegi yang memiliki pola bergaris. Di bawah modul kamera belakang ada lampu flash LED.

Layar Lapang

Layar Galaxy M62 mengusung desain layar infinity-O di mana pada layarnya terdapat punch hole atau lubang kecil yang terletak di tengah atas layar. Punch hole ini tersemat kamera selfie 32 MP yang bisa digunakan merekam 4K @30fps.

Tak hanya berfungsi untuk selfie, kamera depan ini juga berfungsi sebagai face unlock untuk membuka kunci layar ponsel.

Selain itu Galaxy M62 memiliki layar berpanel Super AMOLED resolusi Full HD+ yang memiliki resolusi 1080x2400 piksel dengan rasio layar terhadap bodi 86,7% dan layar dapat mencapai kecerahan hingga 420 nits.

Hal tersebut pun membuat Galaxy M62 mampu menyajikan visual yang tajam, enak dipandang dan kaya warna. Dengan desain Galaxy M62 yang nyaris tanpa bingkai ini menciptakan aspek layar yang lebih lebar sehingga membuat pengalaman menatap layar jadi lebih besar dan lapang.

Jadi menonton video baik dan juga nge-game bakal asyik dengan layar Galaxy M62 yang sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 3 ini.

Untuk mengoperasikan layar Galaxy M62 seperti browsing, nge-scroll medsos, ngetik pesan sangat responsif dan smooth tanpa kendala. Namun kurangnya buat tangan mungil sepertinya akan kesulitan sebab layar M6 ini cukup lebar dan panjang jadi tak cukup jika hanya menggunakan satu ibu jari saja mesti dua-duanya.

Kualitas Kamera

Galaxy M62 dibekali dengan empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera ultra-wide 12 MP (f/2.2), depth sensor 5 MP (f/2.4), serta kamera makro 5 MP (f/2.4).

Fitur-fitur kamera yang dimiliki pun juga banyak seperti Single Take, mode Pro, AR Doodle, Panorama, Food, Portrait, Hyperlapse, Slo-mo, hingga Super Slow-mo.

Pada kondisi siang hari atau dengan pencahayaan yang banyak hasil kamera belakang Galaxy M62 mampu menangkap dan memberikan hasil foto yang baik dengan kualitas tajam dan warna yang natural sesuai dengan objeknya.

Untuk malam hari dengan bantuan lampu jalanan, kendaraan dan cahaya lainnya terbilang baik akan tetapi jika benar-benar gelap dibutuhkan fitur mode malam untuk bisa menghasilkan foto yang lebih jelas meski hasilnya terbilang cukup baik.

Performa dan Baterai Jumbo

Samsung Galaxy M62 sudah menjalankan sistem operasi Android 11 yang dibalut dengan OneUi 3.1 dengan tampilan antarmuka ciri khas Samsung. Untuk otaknya perangkat ini dipacu dengan Exynos 9825, Chip dengan fabrikasi 7 nm ini pernah mentenagai Samsung Galaxy Note 10

Galaxy M62 ini juga ditopang dengan RAM 8 GB dengan ROM berkapasitas 256 GB besarnya penyimpanan ini pun membuat kinerja perangkat sangat baik dengan melakukan beragam aktivitas kamu. Namun jika jika dirasa kurang kamu masih bisa menambah dengan memasa

Nilai jual utama Galaxy M62 adalah kapasitas baterai yang besar disokong 7.000 mAH dengan dukungan Super Fast Charging 25 watt. Dalam kotak pembelian Samsung sudah menyertakan adapter dengan output 25 watt.

Ponsel ini sangat awet dengan penggunaan sehari-hati tanpa nge-game berat seperti hanya scrolling medsos, mendengarkan lagu hingga nonton streaming baterai ini masih awet lebih dari dua hari.

Sesuai klaimnya Samsung, detikINET kebanyakan menggunakan perangkat ini untuk menonton video di Netflix dan YouTube yang di mana durasinya bisa berjam-jam dan baterainya pun masih tetap awet misal dari 100% hanya berkurang sekitar 30% saja dengan durasi nonton berjam-jam.

Selain itu karena memiliki daya baterai yang Galaxy M62 ini juga dapat difungsikan untuk mengisi baterai HP teman atau keluarga yang habis. Kemampuan ini berkat adanya fitur wired power share.

Dibutuhkan sekitar 2 jam lebih untuk melalukan pengisian ulang baterai Galaxy M62 agak cukup lama memang meski ada fast charging namun mengingat daya baterai yang besar jadi dapat dimaklumi.

Untuk kemampuan lain Galaxy M62 memiliki kemampuan speaker Dolby Atmos, NFC namun sayangnya ponsel ini belum dibekali konektivitas 5G di mana di Indonesia sudah mulai diimplementasikan.

Kesimpulan

Samsung Galaxy M62 dibanderol Rp 5,999,000 ini cocok buat kamu yang memiliki aktivitas tinggi terlebih untuk pekerja lapangan yang tak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Performanya juga terbilang baik meski menyasar kelas menengah tapi ini rasa ponsel flagship dengan kemampuan yang dimiliki.

Tapi Galaxy M62 juga asyik buat nonton video seharian di rumah saja apalagi jika kamu penyuka drakor (drama Korea Selatan), mengingat kondisi saat ini sedang pandemi di mana kita harus tetap di rumah saja untuk mencegah penyebaran virus lebih luas jadi punya ponsel baterai besar juga terbantu untuk hiburan di rumah yang awetnya bisa berhari-hari.

0 Response to "Review Samsung Galaxy M62, Baterai Jumbo Awet Berhari-hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel