-->

Suzuki XL7 Milik Setjen DPR RI Terbakar di Tol, Segini Estimasi Biaya Perbaikannya di Bengkel Resmi

Suzuki XL7 terbakar di Tol Dalam Kota di Jalan Gatut Subroto, Jakarta Selatan, Senin (26/7/2021). (Tribunnews.com)

Waroeng 86 - Diduga karena korsleting listrik di bagian alarm, satu unit Suzuki XL7 terbakar di tol Dalam Kota sekitar Jalan Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan pada Senin (26/7/2021).

Suzuki XL7 yang terbakar sekitar pukul 14.05 WIB ini, sedang dikemudikan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI berinisial SBS (33).

Insiden tersebut membuat kondisi mobil bernopol B 2470 KOV ini mengalami kerusakan yang cukup parah di bodi depan, ruang mesin, kaca yang pecah, hingga part berbahan plastik semisal dasbor dan lampu juga meleleh.

Soal penyebab kejadian, Heru Purwanto selaku Service Manager di dealer Suzuki Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) Pondok Gede di Bekasi, Jawa Barat mengatakan, mobil bisa terbakar akibat penggunaan aksesori atau part kelistrikan yang tidak standar.

"Waktu itu ada juga pemilik Suzuki Ignis yang memasang lampu dengan watt lebih besar dari standarnya. Akibatnya relay bermasalah lalu merembet ke aki dan terjadi korsleting hingga menyebabkan mobil terbakar," ujarnya saat dihubungi GridOto.com, Rabu (28/7/2021).

Suzuki XL7 terbakar di tol Dalam Kota Jl Gatot Subroto, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Instagram/@tmcpoldametro)

"Jadi aksesori dan part kelistrikan di luar standar itu bisa berbahaya jika instalasinya tidak benar. Kalau pakai yang standar, saya belum pernah menemui masalah," sambung Heru.

Soal perbaikan, Ia mengatakan jika pembenahan kelistrikan di Suzuki XL7 yang terbakar akan memakan biaya puluhan juta rupiah.

"Masalah ini biasanya kami ganti kabel-kabel saja, kalau ECU (Electronic Control Unit) kemungkinan masih bisa dipakai, tapi jika rusak biaya gantinya Rp 1,2 juta. Namun untuk ganti dasbor, speedometer, lampu-lampu, wiring, pengecekan mesin, perbaikan kelistrikan XL7 estimasinya sekitar Rp 12 jutaan," sebut Heru.

Menurutnya, kejadian korsleting yang berujung kebakaran belum tentu merusak bagian mesin kendaraan.

"Mesin memang perlu dicek secara mendalam untuk memastikan kondisinya, tapi biasanya tidak masalah dan masih bisa jalan. Kalau tidak bermasalah, paling kami hanya bersihkan saja," kata Heru.

Untuk perbaikan bodi Suzuki XL7 yang terbakar, diperkirakan memakan biaya jutaan rupiah.

"Pengecatan ulang bodi XL7 itu diperkirakan biayanya Rp 750 ribu per panel, sementara kebakaran tersebut diperkirakan merusak enam panel bodi. Jadi jika ditotal sekitar Rp 4,5 juta," papar Heru.

Ilustrasi dealer mobil Suzuki SBAM di Pondok Gede, Bekasi. (Istimewa)

Sementara itu ia menyampaikan bahwa harga kaca dan ban Suzuki XL7 dibanderol ratusan ribu rupiah di bengkel resmi.

"Harga ban XL7 yang perlu diganti karena kebakar itu Rp 900 ribu per pcs, sementara di foto ada dua ban yang terbakar. Lalu untuk kaca pintu depan harganya Rp 187 ribuan per sisi, dan untuk kaca depan harganya Rp 880 ribuan," terang Heru.
"Harga part ini belum termasuk biaya ongkos pemasangan di bengkel," sambungnya lagi.

Wah kalau semua biaya di atas dijumlahkan, perkiraan biaya perbaikan Suzuki XL7 yang terbakar bisa mencapai Rp 20,56 juta sob.

Biaya ini belum termasuk perbaikan mesin, sebab harus melihat kondisi mesin berikut komponen lainnya seperti kompresor, dan alternator.

0 Response to "Suzuki XL7 Milik Setjen DPR RI Terbakar di Tol, Segini Estimasi Biaya Perbaikannya di Bengkel Resmi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel