-->

7 Cara Mendinginkan Hp yang Panas, Dijamin Ampuh!


Wareong86 - Bermain game mobile pada perangkat smartphone atau hp memang sungguh menyenangkan. Tapi pernahkah kamu merasakan panas ketika sudah lama bermain hp? Hal ini tentu sangat tidak nyaman ditangan dan juga akan mengganggu ritme permainan kamu. Panas yang dihasilkan tentu berbeda-beda dari jenis hp yang digunakan.

Saat ini produsen smartphone telah berlomba-lomba untuk menciptakan sebuah hp gaming yang memiliki performa ngebut tapi menghasilkan hawa panas yang minim. Walau begitu, saat ini hp gaming tersebut masih dibanderol dengan harga yang cukup mahal, sehingga tidak semua orang mampu untuk memilikinya. 

Tapi bagaimana dengan gamer mobile yang memiliki hp gaming kelas medium yang bakal panas ketika diajak untuk bermain game mobile berat? Nah Dunia Games kali ini akan membagikan beberapa tips untuk mendinginkan hp yang panas. Yuk simak sama-sama berikut ini gaes. 

1. Tutup Semua Aplikasi

Hp yang terlalu panas mungkin mengindikasikan bahwa hp tersebut tengah menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Banyaknya aplikasi yang dibuka pada hp akan menyebabkan prosesor dan RAM terus bekerja sehingga menyebabkan baterai cepat terkuras dan mengeluarkan hawa panas. 

Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut, kamu dapat menutup semua aplikasi yang berjalan di belakang dan hanya berfokus pada satu aplikasi yang ingin digunakan, misalnya untuk bermain game. Ini merupakan cara terbaik yang sering dilakukan oleh pengguna agar tetap berjalan dengan baik tanpa adanya lag karena terdapat program lain yang berjalan dibelakangnya. 

Kebiasaan yang membuat hp cepat panas adalah bermain sambil men-charge hp. Kebiasan ini akan berdampak pada performa hp itu sendiri, karena hp menjadi bekerja dua kali lipat, yakni menjalankan aplikasi dan memastikan daya yang masuk ke baterai.

Alhasil, hp akan menghasilkan panas yang berlebih dibandingkan ketika membuka berbagai macam aplikasi. Kebiasaan ini juga akan berdampak pada ketahanan daya baterai nantinya, semakin sering melakukan kebiasaan men-charge sambil bermain maka akan memperpendek usia baterai. 

Walau begitu, saat ini para produsen hp tengah mengembangkan sebuah teknologi agar hp tetap aman walau digunakan sambil di-charge. Meski rata-rata harga dari hp yang memiliki teknologi tersebut juga masih lumayan mahal. 

3. Lepas Case Hp 

Case memang menjadi pelindung agar hp tidak mudah lecet atau melindungi ketika terbentur sesuatu. Tapi ketika menggunakan hp untuk bermain game, disarankan untuk membuka case tersebut lebih dulu. Hal ini cukup vital karena ketika hp digunakan maka akan mengeluarkan hawa panas, sehingga bila tidak dibuka maka hawa panas tersebut akan tertahan di dalam case dan membuat hp menjadi lebih panas. 


4. Hindari Penggunaan Jaringan Data dari Kartu Seluler

Agar hp tidak cepat panas sebaiknya hindari menggunakan data dari kartu seluler, terlebih kamu memainkan hp di dalam ruangan tertutup. Hal ini akan membuat hp bekerja keras untuk mencari sinyal untuk tetap menjalakan aplikasi game yang kamu mainkan.

Alhasil, hp akan semakin panas dan bahkan hp kamu tidak bisa mencari jaringan data untuk sesaat sampai panas sedikit menurun. Solusinya kamu bisa menggunakan jaringan nirkabel atau Wi-Fi yang memiliki kualitas baik sehingga hp tidak akan bekerja berat untuk memproses data yang dikirimkan dan diterima. 

5. Hindari Membuka Aplikasi yang Berat

Salah satu kebiasaan pengguna hp adalah mengunduh suatu aplikasi atau game tanpa tahu lebih dulu spesifikasi yang dibutuhkan. Alhasil, game atau aplikasi tersebut memang berhasil terunduh tapi ketika dijalankan tidak akan berjalan maksimal. Hal ini karena spesifikasi hp yang digunakan untuk menjalankan aplikasi atau game tersebut tidak sesuai dengan syarat yang dibutuhkan. 

Misal, hp kamu menggunakan prosesor Snapdragon 460 dan memiliki RAM 6, bukan berarti hp kamu dapat menjalankan game sekelas Genshin Impact dengan lancar. Sehingga ada baiknya posisikan hp kamu untuk membuka dan menjalakan aplikasi dan game yang sesuai dengan spesifikasinya. 

6. Main Hp Dekat dengan Kipas Angin atau di Ruangan Ber-AC

Langkah berikutnya untuk mengurangi panas pada hp adalah dengan cara bermain dekat dengan kipas angin atau di ruangan ber-AC. Cara ini tentunya sangat ampuh untuk membuat kamu tidak merasakan hawa panas yang dikeluarkan oleh hp. 

Tangan akan menjadi terasa lebih adem karena hembusan angin atau terasa dingin karena temperatur ruangan yang rendah akibat AC. Tapi hal ini ada konsekuensinya, kamu bisa masuk angin karena terus-terusan berada di depan kipas angin atau di ruangan ber-AC.

7. Gunakan Aksesoris 

Saat ini telah ada banyak aksesoris yang bisa dimiliki untuk menghilangkan hawa panas pada hp kesayangan. Mulai dari gamepad yang memiliki kipas, hingga sebuah water cooling yang mendinginkan bagian belakang hp dari hawa panas. 

Untuk memiliki aksesoris ini tentu kamu harus merogoh kocek yang lumayan. Selain itu, beberpaa produk aksesoris penurun panas tersebut memang cukup terbukti ampuh untuk menurunkan hawa panas yang dihasilkan oleh hp walau hanya beberapa derajat saja. 

Nah itu dia beberapa tips bagaimana cara mendinginkan hp yang panas, semoga bermanfaat! Nantikan tips menarik lainnya serta jangan lupa untuk ikuti Facebook dan Instagram DuniaGames ya.


Red/dunia game

0 Response to "7 Cara Mendinginkan Hp yang Panas, Dijamin Ampuh!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel