-->

Kreator YouTube Shorts Indonesia Bakal Dibayar Rp 140 Juta Per Bulan


Waroeng86 - Pada bulan Mei lalu YouTube mengumumkan telah menyiapkan dana sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun untuk pengguna Shorts, aplikasi yang dihadirkan untuk menyaingi kepopuleran TikTok.

Kini YouTube pun akan memberikan kreator konten hingga USD 10 ribu atau sekitar Rp 140 juta per bulan untuk menggunakan Shorts. Di mana pembayarannya pertamanya akan keluar pada bulan ini.

Kriteria kreator untuk mendapatkan uang dari YouTube ini tergantung pada kepopularitasannya seperti berapa banyak video Shorts dibuat dan jumlah penonton setiap bulannya.

Selain itu YouTube juga mewajibkan jika video Shorts yang diunggah adalah original bukan dari unggahan atau video ulang yang dibuat di platform lain seperti TikTok, Snapchat ataupun Reels. Jika tidak memenuhi syarat tersebut maka kreator akan didiskualifikasi dan tak mendapat pembayaran.

Dilansir detiKINET dari The Verge, saat ini pembayaran baru tersedia di 10 negara seperti Amerika Serikat, Inggris, India, Brasil dan Indonesia. YouTube pun mengatakan tengah berencana untuk memperluas jangkauan untuk program ini.

Seperti diketahui untuk kreator mendapatkan uang di YouTube adalah berdasarkan iklan yang ditayangkan pada awal video mereka. Dengan adanya hubungan langsung antara jumlah penayangan iklan dan jumlah uang yang mereka terima.

Namun dengan Shorts, YouTube tidak ingin menjalankan iklan di depan setiap klip cepat. Jadi YouTube membuat bentuk pembayaran alternatif ini untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten.

Dana tersebut adalah upaya YouTube untuk mencoba membangun basis pengguna dan kreator di Shorts. Short sendiri dihadirkan untuk dapat bersaing dengan TikTok, Snap dan Reels dari Instagram.

Google sebagai perusahaan induk Youtube, mengumumkan bahwa Shorts sudah berhasil ditonton 6,5 miliar kali setiap harinya di seluruh dunia. Shorts sendiri telah diluncurkan secara resmi di AS pada awal Mei, setelah meluncurkan versi betanya pada awal tahun 2021. red/detik

0 Response to "Kreator YouTube Shorts Indonesia Bakal Dibayar Rp 140 Juta Per Bulan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel