-->

Nyeleneh Nih, BMW Patenkan Desain Setir Mirip Setir Pesawat Terbang, Aman Enggak Tuh

Desain setir yang dipatenkan BMW (Caradvice)


Waroeng86 - Namanya setir mobil sih rasanya enggak bakal cocok ya kalau bentuknya enggak bundar.

Iya-iya, setir mobil F1 emang bentuknya enggak bundar sih, tapi bayangin desain setir F1 dipakai di mobil yang kita pakai sehari-hari, aneh dong.

Jadi, setuju kan kalau desain setir yang paling pas itu ya bundar.

Meski begitu, nyatanya BMW pada 2020 lalu mematenkan sebuah desain setir yang juga enggak bundar lho.

Enggak tanggung-tanggung desain setir yang dipatenkan BMW itu bentuknya malah mirip kemudi pesawat terbang.

Bentuknya bisa dibilang bergaya U shape, dengan dua tuas memanjang sebagai pegangan.

Setir itu juga punya banyak tombol operasional untuk mengatur fitur-fitur yang ada di mobil.

Wah, desain kayak gitu apa enggak bahaya ya buat pengemudi kalau kecelakaan.

Belum lagi kalau mau manuver di parkiran, enggak kebayang ya susahnya.

Untuk mobil konvensional mungkin iya bakal nyusahin.

Namun BMW mematenkan desain setir ini khusus buat mobil dengan fitur autonomous yang mereka kembangkan.

Jadi di mobil yang nantinya mungkin akan pakai setir ini, pengemudi memang tak harus menyetir sendiri mobilnya.

Karena fitur autonomous atau otonom memungkinkan mobil bisa berjalan dari satu titik ke titik lain secara otomatis.

Nantinya pengemudi hanya harus memasukan data kemana mereka akan pergi, dan mobil akan otomatis mengantarkannya sampai tujuan.

Nah, setir ini disiapkan buat penumpang mobil ini selain bisa juga dipakai untuk mengakses fitur yang ada di mobilnya, juga jika penumpang ingin 'mengoreksi' sistem autonomous-nya.

BMW juga mendesain setir ini untuk bisa dicopot, yang artinya mobil sebenarnya sudah punya cukup kemampuan untuk melakukan semua tugas sopir secara otomatis, keren ya?

Tapi kayaknya kalau di Indonesia kemampuan mobil autonomous harus benar-benar 'pintar' deh, mengingat lalu lintas di sini termasuk sangat padat dan juga semrawut.

Belum lagi banyak juga pengendara yang suka selonongan keluar dari gang, hehehe. red/otodrive

0 Response to "Nyeleneh Nih, BMW Patenkan Desain Setir Mirip Setir Pesawat Terbang, Aman Enggak Tuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel