-->

WhatsApp Rilis Fitur View Once, Ini Cara Pakainya


Waroeng86 - Setelah melewati masa uji coba beta, WhatsApp akhirnya resmi merilis fitur View Once untuk pengguna. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang akan langsung terhapus secara otomatis begitu dilihat oleh penerima.

Sebelumnya, CEO Facebook Mark Zuckerberg sudah mengonfirmasi bahwa fitur ini akan segera hadir, tapi ia tidak memberikan rincian tentang peluncurannya. Menurut situs WABetaInfo, fitur ini sudah diuji coba beta selama sekitar satu bulan.

Dalam blognya, WhatsApp mengatakan fitur ini akan memberikan pengguna lebih banyak kendali terhadap privasinya. Fitur View Once juga digadang akan berguna untuk banyak hal, misalnya saat mengirimkan foto yang berisi password Wi-Fi kepada teman.


WhatsApp juga menjelaskan bahwa foto atau video yang dikirimkan lewat fitur View Once akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end sehingga tidak bisa diintip oleh siapapun. Setelah foto atau video dilihat, akan ada pesan 'opened' di chat agar pengguna tidak kebingungan.

 kebingungan.

Dalam FAQ tentang fitur View Once, WhatsApp juga menjabarkan ketentuan tentang fitur baru ini yaitu:

  • Media tidak akan disimpan di Gallery atau Photos di ponsel penerima
  • Begitu pengguna mengirimkan foto atau video lewat View Once mereka tidak akan bisa melihatnya lagi
  • Foto atau video yang dikirim atau diterima lewat fitur View Once tidak bisa diteruskan, disimpan, ditandai atau dibagikan
  • Pengguna hanya bisa melihat penerima telah membuka atau video jika mereka mengaktifkan read receipts
  • Jika foto atau video tidak dibuka dalam waktu 14 hari setelah dikirim, media akan kedaluwarsa di chat
  • Pengguna harus selalu mengaktifkan View Once jika ingin mengirim foto atau video yang hanya bisa dilihat sekali
  • Media View Once bisa dipulihkan dari backup jika pesan belum dibuka saat backup dilakukan. Jika foto atau video sudah dibuka, media tersebut tidak akan disertakan dalam backup dan tidak bisa dipulihkan.

WhatsApp juga memperingatkan pengguna agar mengirimkan foto atau video lewat View Once ke penerima yang bisa dipercaya. Pasalnya penerima media tetap bisa mengambil screenshot sebelum konten menghilang dan pengirim tidak akan mendapatkan notifikasi jika ada yang mengambil screenshot atau merekam layar.

Penerima pesan juga bisa mengambil foto atau video dari media yang dikirimkan lewat kamera atau perangkat lainnya sebelum media itu menghilang, seperti dikutip dari blog WhatsApp, Rabu (4/8/2021).


Lantas bagaimana cara menggunakan fitur View Once di WhatsApp? Caranya sebenarnya mirip seperti cara mengirimkan foto atau video seperti biasa, tapi ada satu langkah ekstra.


Cara pakai fitur View Once di WhatsAp

Buka aplikasi WhatsApp di Android atau iOS, lalu pilih chat yang ingin dikirimi foto atau vide

Tap ikon kamera yang ada di kolom chat lalu pilih foto atau video yang hendak dikirimka

Setelah itu tap ikon View Once yang berupa lingkaran dengan angka 1 di dalamnya yang ada di kolom 'Add a caption

Kirim foto atau video yang sudah dipilih seperti biasa 'nop:.'nop: biasa. red/detik

0 Response to "WhatsApp Rilis Fitur View Once, Ini Cara Pakainya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel